destinasi asik wisata bagi wikender

ini dia posisi terbaik memandangnya derasnya air di cikaso
ini dia posisi terbaik memandangnya derasnya air di cikaso

Waktu dua hari Anda tentu tidak akan cukup untuk ‘menyikat’ semua destinasi yang ada, Anda butuh beberapa kali weekend, namun jangan kecil hati, satu kali weekend bisa dapat dua atau tiga destinasi di Sukabumi itu sudah cukup mengusir kepenatan rutin, dan siapkan kembali jadual menyikat destinasi lain.

Saat melancong ke Sukabumi, kebanyakan wisatawan langsung menu

ju Pantai Pelabuhan Ratu. Eit, padahal ada juga lho kawasan yang masih sepi dan indah sebelum sampai ke Palabuhanratu. Penasaran? Kita mulai destinasi pertama kita di Sukabumi.

Arung Jeram di Sungai Citarik

Naik perahu karet yang penuh tantangan? Itulah arung jeram. Tak hanya naik perahu karet saja,    tapi  dibutuhkan  juga pengetahuan dan keterampilan mengendalikannya, lho!

Salah satu sungai yang banyak dipakai untuk arung jeram adalah Sungai Citarik  yang berada di daerah Pegunungan Halimun. Selain airnya cukup banyak, Citarik juga memiliki banyak jeram, sehingga memberikan tantangan tersendiri.

Untuk bermain arung jeram, sebaiknya kita mengikuti program yang diadakan oleh operator. Sebab, selain semua alat disediakan, mulai dari perahu karet, pelampung, topi, dan pemandu, keamanan kita juga lebih terjamin. Di daerah Citarik, ada beberapa operator arung jeram yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah Arus Liar, Kaki Langit, Caldera, Riam Jeram, dan Cherokee.

Untuk berwisata arung jeram, syarat utama adalah kita harus suka air. Kalau kita suka dengan air, bermain air itu asyik dan bikin kita gembira.

Syarat berikutnya, lepaskan diri Anda dari hal-hal rutin yang biasa menjadi beban. Bukan kah diatas tadi kita sudah berjanji mau melepaskan rutinitas harian kita, nah nikmati berpacunya adrenalin Anda diantara terhombang-hambingnya perahu karet dan tubuh yang makin kuyup oleh cipratan air, ngga ketinggalan jumping-jumping perahu yang terkadang sengaja diarahkan oleh pemandu untuk melawati arus yang lebih curam. Selain persiapan mental,  jangan lupa membawa pakaian ganti. Sebab, saat arum jeram kita akan berbasah-basah terkena cipratan air.

Maksudnya, supaya kalau terkena air tidak berat dan mudah kering.Semua barang, seperti tas, kunci, uang, dompet, HP, kamera, jam, dan barang lainnya bisa disimpan di loker yang telah disediakan. Kacamata boleh dipakai. Pemandu akan membantumu mengikat kacamata dengan karet agar tidak mudah lepas.

Setelah siap  mengenakan baju pelampung, topi, dan masing-masing membawa dayung, kita akan diangkut dengan mobil pick up menuju titik start

Perjalanan ke titik start  juga enggak kalah seru. Dengan mobil bak terbuka, kita dibawa melintasi jalan pedesaan yang sempit, berkelok-kelok, dan naik turun.Naik mobil bak terbuka

memang tidak nyaman. Tapi, kalau kita menikmati, perjalanan kita jadi seru. Apalagi, jika Anda mau membayangkan  jadi anak yang tinggal di sini.

Paket arung jeram waktunya hanya 1 jam, namun ada pula yang sampai 3 jam atau lebih. Di lokasi tertentu, ada panitia yang yang telah siap mengambil foto atau merekam

kegiatan kita dengan kamera video. Jadi siap-siaplah beraksi saat pemandu memberi aba-aba untuk action.

Saat melampaui finish, harap jangan lepas dulu kepuasan dan kesenangan kita, pemandu punya banyak cara untuk membuat kita totally wet, atau totally ketakutan ngga karuan. Mulai menceburkan salah satu diantara kita, menabrakan dengan rakit lain sehingga rakit kita terbalik, bahkan sampai dia membuat perahu kita mendadak terbalik, entah bagaimana caranya.

Tapi semua itu tentu di arus sungai yang tenang dan dalam pengawasan beberapa pemandu lain baik yang di rakit lain atau di darat. Keadaan sudah benar-benar aman ketika sudah naik ke darat, dan sebutir kelapa muda tepat sekali mengakhiri perjalanan kita menikmati wisata adrenalin ini

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Salah satu wisata pesisir pantai Sukabumi yang perlu dikunjungi adalah daerah Pantai Loji, Pelabuhan Ratu. Di sana, wisatawan akan dimanjakan oleh pantai yang dipenuhi karang, bebatuan dan pasir hitam. Nikmati perjalanan Anda, jangan terburu-buru, sebab sebelum sampai di Pantai Loji, pemandangan yang “mengganggu” akan segera hadir di hadapan kita. Sebuah Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa yang berada di atas bukit di pinggir pantai. Ini adalah salah satu vihara yang menyajikan tempat peribadatan yang terlengkap di Indonesia.

Vihara ini didirikan tanggal 8 Agustus 2.000 oleh seorang wanita Thailand bernama   Anothai Kamonwathin, masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan  “Mama Airin”.

Asal usul berdiri nya vihara ini berawal dari mimpi Mama Airin yg mendapat wangsit untuk mendirikan semacam tempat peribadatan di pesisir laut. Melalu petunjuk mimpi inilah dilakukan pencarian di sejumlah wilayah di nusantara. Setelah melalui perjalanan panjang akhirnya Mama Airin mendapat info bahwa di daerah sukabumi ada tanah yang akan di jual. Ini bukan hanya ada di sinetron, rupanya tanah yang akan dijual tersebut persis cocok dengan yang diinformasikan dalam mimpi Mama Airin.

Pantai Loji

Tidak membutuhkan waktu lama selepas dari Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa untuk tiba di destinasi kita berikutnya. Salah satu pantai yang berdekatan dengan pantai palabuhan ratu adalah Pantai Simpenan yang berada di pantai loji, Palabuhanratu. Disana Anda akan dimanjakan dengan pantai yang eksotis yang di hiasi terumbu karang dan bukit yang mencolok ke pantai. Pantai yang akan anda kunjungi yang berada di Pantai Loji adalah salah satunya Pantai Cipunanga. jika anda telusuri sepajang pantai ini anda akan menemui banyak karang-karang, mulai dari karang yang paling kecil sampai karang yang besar sekali, Masyarakat setempat menyebutnya dengan julukan Karang Perahu, Karang Merah dan Karang Bolong.

Karang yang satu ini mungkin mirip dengan ornamen bentuk perahu yang besar, masyarakat yang berkujung kesana biasanya selalu djadikan  karang perahu ini mejadi ajang untuk foto-foto, dan sangat cocok sekali untuk anda yang akan mempersiapkan pre-wedding.

Disini anda akan merasakan suasana baru yag sangat fantastik, karena anda akan di manjakan oleh indahnya pemandangan dengan hadirnya perbukitan dengan suasana yang indah.

Curug Cikaso

Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.

Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama, yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m.

Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun.  Sebaiknya menggunakan jasa pemandu yang tersedia agar tidak tersesat karena untuk menuju lokasi curug ini tidak ada petunjuk jalan. Jika Anda mau lebih tenang lagi melakukan perjalanan, Anda bisa gunakan jasa pemandu. Biasakan menawar jasa pemandu dan kisaran harga untuk jasa pemandu adalah Rp 50.000 – 70.000.

Jarak tempuh menuju Curug Cikaso sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 30 kilometer dari Ujunggenteng, dan sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi. Dari Curug Cikaso menuju Palabuhanratu kira-kira 70 km.

Umumnya perjalanan menuju Curug Cikaso diawali dari kota kecil Surade yang memakan waktu tempuh sekitar setengah jam (berjarak tempuh sekitar 8 km) dengan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan kondisi jalan yang berliku dan beraspal baik, namun di akhir perjalanan akan ditemui kondisi jalan mulai berbatu.   Tiket masuk adalah Rp 2.000 per orang.

Jika anda beruntung anda akan melihat pelangi di sekitar air terjun. Pelanginya pun bertahan cukup lama, menikmati pelangi diantara air terjun yang curam merupakan pemandangan tersendiri yang sulit dilupakan dan harus diabadikan.

Karang Hawu

Setelah menyusuri tempat-tempat diatas, saatnya menuju Inna Samudra Beach Hotel untuk bermalam. Anda bisa beristirahat sejenak menikmati deburan ombak dan welcome drink dari sisi lobby yang menghadap langsung ke teluk Palabuhanratu.

Jika masih ada tenaga untuk mengunjungi satu lagi objek wisata sebelum bermalam di Inna Samudra Beach, Anda bisa mengunjungi objek wisata Karang Hawu, objek wisata ini cukup ditempuh hanya 15 menit dari Inna Samudra Beach Hotel.

Inna Samudra Beach Hotel pun kini makin asyik dan mederen
Inna Samudra Beach Hotel pun kini makin asyik dan mederen

Pantai yang berlokasi di Teluk Pelabuhan Ratu memiliki daya tarik yang sangat khas, yaitu karang yang agak menjorok ke laut.

Nama karang hawu digunakan karena adanya karang yang menjorok ke laut dan berlubang pada bagian tertentu dan ada yang membentuk seperti tungku (yang dalam bahasa Sunda disebut ‘hawu’)

Pada beberapa cekungan batu karang itu terdapat genangan air yang jernih. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung, seperti memancing yang biasanya dilakukan pada waktu pagi dan sore hari, berselancar, berenang, berjemur atau sekadar menikmati panorama alam dan deburan ombak yang membentur tebing. Udaranya juga sangat sejuk karena bukit-bukit sekitar yang ditumbuhi pepohonan.

Tentu rasanya belum cukup mengeksplorasi Sukabumi dalam 1 hari, namun jangan kecil hati karena rencana perjalanan untuk eksplorasi berikutnya bisa kita rencanakan kembali dengan menggali terus tempat-tempat unik dan asik di sekitar Sukabumi, kita bisa mulai dengan traveling sederhana tanpa persiapan yang terlalu ribet dan tidak memakan waktu lama, Lao Tzu pernah berucap “A journey of a thousand miles begins with a single step”, selamat menikmati wiken Anda.(mahmur)

Advertisements

One thought on “destinasi asik wisata bagi wikender

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s