Seandainya Diego Garcia ada di Indonesia

Gara-gara dugaan pesawat MH370 sempat terlihat di pulau Atol di Teritori Samudra Hindia Britania, sekitar 1.600 km sebelah selatan pesisir selatan India, gua lantas berhayal seandainya Indonesia punya karang atol se-keren dan sebesar ini lalu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pariwisata, wah pasti akan jadi tempat kedua ter-seru setelah pulau Bali deh.

Diego Garcia sendiri sebenarnya pulau yang ditemukan pelaut Spanyol Diego Garcia de Moguer sekitar tahun 1.500-an. Terletak di koordinat 718′48″ LS dan 7224′40″ BT. Kepulauan yang berada jauh dari jangkauan daratan ini kayaknya sengaja dijadikan pangkalan militer karena mungkin sulitnya dijangkau, bayangkan jarak pulau ini dari daratan terdekat adalah: 2.000 mil laut dari timur Tanzania dan 2.500 mil dari pantai barat Australia, atau 2.142 mil dari Sumatra.

Karang atol sepanjang 60 kilometer atau kurang lebih setara dengan panjang rel kereta listrik dari stasiun Jakarta Kota Ke stasiun Bogor pernah didiami oleh para pekerja perkebunan kelapa yang didatangkan dari Afrika dan Cina. Namun gara-gara tempat ini strategis, dua ribuan orang-orang Afrika, Cina dan Hindu yang sudah menghuni sejak tahun 1793 terpaksa di-“deportasi” demi depopulasi oleh pemerintah Amerika dan Inggris. ter-l.a.l.u..

Setelah pengusiran itu, praktis pulau ini tertutup untuk semua kedatangan benda atau mahluk apapun yang mendekat tanpa izin khusus penguasa. Segitunya yah, demi untuk mewujudkan pangkalan militer yang steril abis, mentang-mentang jadi salah satu basis CIA untuk Asia-Pasifik dan basis penempatan kekuatan militer.

Sementara kita lupakan dulu cerita karena dugaan menempuh pulau ini, lalu MH370 diserang abis-abisan oleh tentara dengan persenjataan super canggih disana atau ada penumpang yang sempat minta tolong ke sebuah forum diskusi di http://4plebs.org/ dengan tagging lokasi pulau ini; sekarang mari kita bayangkan seandainya karang atol segini gede ada di Indonesia, kayak apa sih asyiknya, yuu lihat dulu lingkaran 60 km itu

Image

Asik kan? Bayangkan, berapa banyak garis pantai yang bisa kita manfaatkan dengan atol sepanjang itu, belum lagi aktivitas pantai yang bakal banyak mengundang turis lokal dan asing macam diving, snorkling, banana boat, wah bakalan seru deh semua akfivitas yang dilakukan di tengah karang atol itu. Pengen tahu indahnya garis pantai Diego Garcia, nih

Image

dahsyat ya, kemarin gua tinggal 3 hari di Hotel Bintang Lima di Sanur yang udah tumplek orang ajah asik bener, gimana pulau dengan garis pantai seindah dan selembut itu. Tinggal seminggu di rumah putih yang ada di foto itu nikmat banget kali yaaa.

Terakhir yang bikin jleb adalah lingkaran tengah karang atol ini pasti tidak lebih dalam dibanding laut yang berada di sisi luarnya, gua membayangkan kondisi ini swimming pool yang besar dengan side pool pepohonan kelapa, pasti asik dan romantis.

ah, sudah lah semoga cerita hayalan gua siang ini tetap menambah semangat untuk mencintai Indonesia apa adanya dengan memanfaatkan seluruh sumber alam yang ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s