Lupakan Singapura, Pergi Saja ke Gili Trawangan

Berjarak kurang setengah jam dari penyebarangan Lombok, pulau sepanjang 7 km yang dikelilingi pemandangan indah dengan hembusan udara segar berkat tidak adanya satu pun kendaraan bermotor ini sangat eksentrik dan memukau setiap orang.

e_IMG_1773

Bagi Anda yang tinggal di Bali beruntung sebab menuju pulau ini cukup menggunakan penyebarangan fery dari Padang Bay menuju Pulau Lombok. Bagi yang tinggal di luar Bali, penerbangan menuju Lombok kini semakin banyak. Bandara Internasional Lombok (BIL) pun kini semakin nyaman dan punya banyak pilihan akses menuju Dermaga Pemenangan untuk menyebrang ke Gili Trawangan.

Get There

Cari lah Damri menuju Senggigi dari Bandara Internasional Lombok menuju Senggigi dengan tarif Rp. 40.000, Anda cukup sekali lagi menaiki kendaraan kecil menuju Dermaga Pemenangan sebelum melanjutkan perahu ke Gili Trawangan.

Bagi Anda yang menuju Gili Trawangan dari Dari Bali dan Anda merupakan tipe yang takut berada lama-lama di atas laut, sebaiknya gunakan speed boat dari Sanur langsung menuju Gili Trawangan, harga untuk sekali trip ini berkisar antara Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000 tentu tergantung koneksi Anda atau kemampuan Anda dalam dunia tawar-menawar.  Jika Anda bukan tipe penawar ulung dan bukan tipe takut berlama-lama diatas air, pilihan sederhana dan ekonomis adalah menggunakan fery dari Padang Bay menuju Lembar. Dengan Tarif Rp. 40.000 Anda sudah bisa menikmati banyak pemandangan sepanjang perjalan fery ditambah dengan ruang ber-AC dan hiburan TV layar lebar suguhan stasiun TV lokal.

Bagi Anda yang ingin bersantai sambil bersantap makanan ringan sampai makanan berat sepanjang perjalanan, jangan khawatir, tersedia kantin di dalam kapal dengan berbagai menu hangat dan dingin, nikmati perjalanan Anda layaknya artis kondang dunia menikmati traveling mereka menggunakan super cruise termahal di dunia itu.

IMG_1801

udah sulit lihat susu dijemur di Bali, pergi lah ke Gili Trawangan hahaha, disini banyak banget point-point SUMUR itu

Dari Dermaga Lembar Anda bisa menggunakan taksi (istilah untuk kendaraan bak tertutup), kisaran Rp. 100.000 menuju Pemenangan. Pilihan ini lebih baik ketimbang anda harus pindah-pindah angkutan dan harga bisa lebih mahal. Hindari calo sebab, tarif perahu Pemenangan-Gili Trawangan hanya Rp. 18.000.

Welcome to Gili Trawangan

e_IMG_1623

tulisan ini harusnya bagus, cuma sayang selain banyak coretan alay juga loksai sekitar terlalu kumuh, foto ini udah gua ‘bersihkan’ dulu pakai photoshop sebelum naik hahaha, curang yaaa

Bagi Anda yang baru pertama kali menginjakkan kami di Gili Trawangan, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah nikmati pasir pantai dan coba lah jalan-jalan di sekeliling dermaga sembari menikmati aktivitas penduduk lokal dan turis lalu lalang dengan berbagai perilaku dan pakaian ‘senonoh’ mereka.

e_IMG_1871

IMG_1783

IMG_1796

anak pantai bernama Daniel ini konon mendapat penghasilan sampai satu setengah juta per malam saat peak season, gua ngga usah jelasin lah dari mana uang segitu dia dapat kalau bukan dari cewe-cewe bule penikmat syahwat, eh jadi gua jelasin deh hahaahha. dia bilang anak pantai harus hebat dan “kuat” baik lah daniel, gua bukan anak pantai hahaha

Pulau sepanjang 7 km ini memiliki garis pantai beragam, mulai pasir tebal, hutan bakau, pasir kering yang tidak menarik, bebatuan, tebing yang tidak curam, sampai hamparan restoran yang terlihat biasa di siang hari namun terang benerang di malam hari.

IMG_1651

jangan ke Gili Trawangan kalau ngga bisa sepeda, serius disini orang pakai sepeda semua, paling jalan kaki luh kalau ngga bisa sepeda, cape cuiinnn

Jika ingin mengeksplore pulau ini, ketimbang jalan kaki, terus frustasi dan akhirnya tidak sampai juga merasai semua pantainya, sebaiknya sewa sepeda seharga Rp. 40.000 untuk 24 jam penggunaan (murah kan?!!). Terdapat pilihan lain untuk mengeliling pulau ini yaitu dengan Cidomo/delman dengan tarif berkisar Rp. 100.000 hanya untuk sekali keliling.

e_IMG_1868

Berbagai hotel tersedia di Gili Trawangan, mulai bintang 4 yang berada tepat di bibir pantai dengan harga 3juta satu malam hingga yang masuk ke pelosok pulau dengan harga Rp. 150.000 sudah termasuk breakfast dan koneksi WiFi gratis tentu. Saat peak season harga mereka melonjak hingga Rp. 300.000 untuk yang termurah

IMG_1639

foto ini gua ambil pagi sekitar jam 6 setelah didera gagal bertemu sunrise

Manfaatkan waktu Anda selagi di Gili Trawangan, di pulau ini bukan saja hanya terdapat hamparan pasir pantai yang indah. Sepasang situs peninggalan masa pendudukan Jepang masih berbekas di pulau.

IMG_1667

ini sunset point di pagi hari, bangunan sisa restoran yang sudah ngga terpakai ini sebetulnya bagus lokasinya, tapi sayang ditinggal pemiliknya, mungkin kurang laku karena letaknya yang jauh dari sentral/dermaga, atau alasan lain, jangan-jangan ada uka-uka karena deket dengan makam dan goa jepang

Persis di seberang Sunset Point, terdapat undakan tangga setinggi 500 meter. Jalan setapak yang diselimuti lumut dan penuh dengan semak belukar itu berujung pada sebuah bangunan makam, terdapat dua makam pada bangunan itu. Wali Lalu Dukung Kambut adalah seorang tokoh muslim keturunan Lombok yang pernah hidup di pulau ini, konon pasa masa penjajahan Jepang, wali ini yang memimpin pengusiran Jepang dari Gili Trawangan. Selain makam sang Wali, di tempat yang sama juga terdapat makam wanita yang mengurusi rumah dan makan sehari-hari sang Wali.

IMG_1748

waktu gua dateng, kebetulan ada bule Jerman, namanya Joachim Ruppert yang sudah dua malam tidur di makam ini, dia bilang merasa nyaman tidur disini. welcome to dunia lain Indonesia Joachim.

Berjarak 100 meter dari makam, berdiri tegak sebuah goa setinggi kurang lebih 3 meter. Goa Jepang peninggalan terakhir yang masih terlihat ini menurut cerita Ibu yang mejaga tempat ini, menjadi tempat tentara Jepang melakukan pengeboman ke arah pulau Bali, walaupun beberapa kali gagal.

IMG_1761

konon ada 10 gua seperti iyu di Gili Trawangan, lainnya udah ngga terlihat karena teruruk akibat gempa beberapa waktu lalu

Sebagai sebuah pulau yang ada di gugusan tiga gili lain, yaitu Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan menjadi pulau yang terbesar dengan banyak atraksi dan fasilitas dibanding gili lain, berada di pulau ini membangkitkan kebanggan kita akan anugrah Tuhan terhadap belasan ribu pulau yang Dia berikan bagi bangsa ini, pertanyaannya adalah sudah siapkan kita menjaga keaslian dan kelestarian yang sudah Tuhan titipkan ini kepada kita? akan kah kita masih ingin mengunjungi tanah kecil di ujung Malaka yang bernama Singapura itu dibanding mengunjungi kekayaan Tuhan yang ada di Gili Trawangan atau bahkan menjelajah ke 17.000 pulau lain di negeri ini? mari berdoa agar diberi umur panjang dan rejeki berlimpah ruah untuk terus bisa mengunjungi setiap sudut Indonesia.

salam penutup, kasih lagi deh foto si Brazil ini hahahah, see u ini my next trip yoooo

IMG_1901

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s