_MG_0192 copy

Diambil dari nama bekas pemiliknya, Adrien Jean Le Mayeur de Merpes, dia adalah seorang pelukis Bruxelles, Belgia yang datang ke Bali tahun 1932 melalui pelabuhan Buleleng Singaraja menuju Denpasar.

Di Denpasar Le Mayeur menyewa sebuah rumah di Banjar Kaladis lalu bertemu dengan seorang penari legong keraton berusia 15 tahun, Ni Nyomam Pollok, yang kemudian dijadikan model lukisannya.

Lukisan-lukisan dengan model Ni Nyoman Pollok dipamerkan di Singapura dengan hasil yang sangat memuaskan dan nama Le Mayeur semakin mencuat. Usai pemeran Le Mayeur datang kembali ke Bali dan membeli sebidang tanah di Pantai Sanur lalu dia bangun sebuah rumah, yang kini dikenal dengan nama Museum Le Mayeur.

Di rumah ini lah Ni Nyoman Pollok bersama dua orang temannya setiap hari bekerja sebagai model lukis. Seiring berjalan waktu, dengan kecantikan dan keindahan tubuh Ni Nyoman Pollok, timbul rasa cinta Le Mayeur kepada Ni Nyoman Pollok.

_MG_0190

Setelah tiga tahun menjadi model lukisan Le Mayeur, tahun 1953 Le Mayeur dan Ni Nyoman Pollok sepakat untuk hidup bersama dalam ikatan perkawinan yang dilangsungkan dalam upacara adat Bali. Selama menjadi suami istri Le Mayeur terus melukis melukis istrinya dan menjual hasil lukisannya, hasil penjualan lukisan selalu mereka sisihkan untuk memperindah rumah di Sanur dan lukisan yang dianggap paling bagus dipasang sebagai koleksi pribadi.

Pada tahun 1956, Bahder Djohan selaku menteri Pendidikan dan Pengajaran dan Kebudayaan datang mengunjungi rumah Le Mayeur. Menteri saat itu sangat terkesan dan meminta kepada Le Mayeur untuk menjadikan rumahnya sebagai museum. Ide itu disambut dengan senang hati oleh Le Mayeur, sejak itu dia terus berkarya dan lukisannya makin bermutu.

Tahun 1958 Le Mayeur menderita kanker telinga yang sangat ganas, ditemani Ni Nyoman Pollok pergi berobat ke Belgia. Setelah dua bulan berobat di Belgia, Mei 1958 akhirnya Adrien Jean Le Mayeur de Merpes tutup usia dalam usia 78 tahun. Ni Nyoman Pollok kembali ke Bali untuk mengurus rumah hingga akhir hayatnya tanggal 28 Juli 1985 dalam usia 68 tahun. Beristirahatlah dengan damai wahai dua sejoli…

_MG_0181

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s