Jangan Mau Sakit Asam Urat

Pernah ngerasain bangun  pagi tiba-tiba nyeri yang amat menyiksa pada persendian jempol kaki? Jangankan untuk melangkah, disentuh pun rasanya seperti terbakar. Setelah berpikir lama, dan berusaha mengingat kayanya ngga pernah jatuh atau mengalami cidera apa-apa di malam sebelumnya.

Setelah lama mengingat, eh baru sadar malam sebelumnya hanya makan sup kambing yang penuh jeroan dan emping, terus pergi tidur. Kok bisa begitu yaa, apa tuh namanya? Itu namanya Anda telah mengalami serangan pertama asam urat.

stol-6-dietaAsam urat bukanlah penyakit  baru, penyakit ini sudah dikenal sejak zaman Firaun malah tercatat dalam sejarah sejak 2640 SM. Sejak dahulu kala asam urat sudah dijuluki penyakit para raja karena diduga disebabkan oleh makanan yang hanya dapat dikonsumsi oleh para raja yang tamak dan rakus.

Dengan gaya hidup orang sekarang yang melebihi gaya hidup dan jenis makanan raja-raja pada zaman dahulu kala, asam urat kini dapat menyerang siapa saja. Sedih ya, aset mah pas-pasan, tapi malah penyakit yang mirip sama raja.

Secara medis, asam urat dikategorikan sebagai sejenis rematik, dan bagi yang pernah mengalaminya, ini merupakan rematik yang paling menyakitkan. Kenapa? karena asam urat disebabkan oleh akumulasi kristal urat di persendian penyebab pembengkakan dan rasa nyeri.

Serangan asam urat yang pertama cenderung bermula di jempol kaki, tapi lama kelamaan dapat menyebar sampai ke pergelangan kaki, bahkan bisa menyerang lutut, jari-jari tangan dan persendian lainnya. Kristal urat terbentuk karena tingkat asam urat dalam darah yang sangat tinggi. Sebenernya secara alami badan kita menghasilkan asam urat saat mengurai purin (zat yang banyak terdapat di tubuh kita maupun berbagai makanan).

Seharusnya asam urat larut dalam darah dan disaring oleh ginjal, lalu terbuang saat buang air kecil. Namun, terkadang tubuh memproduksi asam urat secara berlebih atau ginjal tidak sempurna menyaring sehingga asam urat menumpuk, lalu terbentuk deh kristal urat yang tajam-tajam di persendian.

Penyebab 

Makanan dengan kadar purin tinggi adalah penyebab utama serangan asam urat. Beberapa jenis makanan (raja) yang perlu dihindari oleh rakyat antara lain jeroan, kerang-kerangan, daging kalengan, kalkun, jamur, asparagus, kacang melinjo, emping, durian, kembang kol, buncis dan bayam. Ini tidak berarti semua makanan tinggi purin dilarang untuk dikonsumsi, hanya perlu dikurangi. Minuman dengan kandungan gula tinggi maupun minuman beralkohol juga dapat menyebabkan serangan asam urat loh!

Mengurangi Rasa Nyeri

Kasus bangun pagi dengan nyeri sendi jempol adalah serangan asam urat pertama. Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri ini? Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat, seperti NSAID atau colchicine untuk mengurangi rasa nyeri. Namun, obat tersebut tidak bisa membantu memecahkan penumpukan kristal urat di persendian. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi corticosteroids.

Untuk membantu mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh dan memperbaiki fungsi ginjal, sangat disarankan mengonsumsi air sebanyak 6 liter tiap hari selama mengalami serangan asam urat. Mungkin dulu raja-raja di dunia ini malas minum kali yaa, apalagi air putih biasa, ya namanya raja masa mnum air putih Bro! gengsi juga kali apalagi kalau ada tamu dari kerajaan sebelah dateng.

Kalau lihat akibat yang ditimbulkan ini, gua sih mendingan pilih ngga usah jadi raja dari pada jadi raja tapi jempol kaki bengkak dan ngga bisa traveling kemana-mana!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s