Jangan Mau Sakit Asam Urat

Pernah ngerasain bangun  pagi tiba-tiba nyeri yang amat menyiksa pada persendian jempol kaki? Jangankan untuk melangkah, disentuh pun rasanya seperti terbakar. Setelah berpikir lama, dan berusaha mengingat kayanya ngga pernah jatuh atau mengalami cidera apa-apa di malam sebelumnya.

Setelah lama mengingat, eh baru sadar malam sebelumnya hanya makan sup kambing yang penuh jeroan dan emping, terus pergi tidur. Kok bisa begitu yaa, apa tuh namanya? Itu namanya Anda telah mengalami serangan pertama asam urat.

stol-6-dietaAsam urat bukanlah penyakit  baru, penyakit ini sudah dikenal sejak zaman Firaun malah tercatat dalam sejarah sejak 2640 SM. Sejak dahulu kala asam urat sudah dijuluki penyakit para raja karena diduga disebabkan oleh makanan yang hanya dapat dikonsumsi oleh para raja yang tamak dan rakus.

Dengan gaya hidup orang sekarang yang melebihi gaya hidup dan jenis makanan raja-raja pada zaman dahulu kala, asam urat kini dapat menyerang siapa saja. Sedih ya, aset mah pas-pasan, tapi malah penyakit yang mirip sama raja.

Secara medis, asam urat dikategorikan sebagai sejenis rematik, dan bagi yang pernah mengalaminya, ini merupakan rematik yang paling menyakitkan. Kenapa? karena asam urat disebabkan oleh akumulasi kristal urat di persendian penyebab pembengkakan dan rasa nyeri.

Serangan asam urat yang pertama cenderung bermula di jempol kaki, tapi lama kelamaan dapat menyebar sampai ke pergelangan kaki, bahkan bisa menyerang lutut, jari-jari tangan dan persendian lainnya. Kristal urat terbentuk karena tingkat asam urat dalam darah yang sangat tinggi. Sebenernya secara alami badan kita menghasilkan asam urat saat mengurai purin (zat yang banyak terdapat di tubuh kita maupun berbagai makanan).

Seharusnya asam urat larut dalam darah dan disaring oleh ginjal, lalu terbuang saat buang air kecil. Namun, terkadang tubuh memproduksi asam urat secara berlebih atau ginjal tidak sempurna menyaring sehingga asam urat menumpuk, lalu terbentuk deh kristal urat yang tajam-tajam di persendian.

Penyebab 

Makanan dengan kadar purin tinggi adalah penyebab utama serangan asam urat. Beberapa jenis makanan (raja) yang perlu dihindari oleh rakyat antara lain jeroan, kerang-kerangan, daging kalengan, kalkun, jamur, asparagus, kacang melinjo, emping, durian, kembang kol, buncis dan bayam. Ini tidak berarti semua makanan tinggi purin dilarang untuk dikonsumsi, hanya perlu dikurangi. Minuman dengan kandungan gula tinggi maupun minuman beralkohol juga dapat menyebabkan serangan asam urat loh!

Mengurangi Rasa Nyeri

Kasus bangun pagi dengan nyeri sendi jempol adalah serangan asam urat pertama. Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri ini? Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat, seperti NSAID atau colchicine untuk mengurangi rasa nyeri. Namun, obat tersebut tidak bisa membantu memecahkan penumpukan kristal urat di persendian. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi corticosteroids.

Untuk membantu mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh dan memperbaiki fungsi ginjal, sangat disarankan mengonsumsi air sebanyak 6 liter tiap hari selama mengalami serangan asam urat. Mungkin dulu raja-raja di dunia ini malas minum kali yaa, apalagi air putih biasa, ya namanya raja masa mnum air putih Bro! gengsi juga kali apalagi kalau ada tamu dari kerajaan sebelah dateng.

Kalau lihat akibat yang ditimbulkan ini, gua sih mendingan pilih ngga usah jadi raja dari pada jadi raja tapi jempol kaki bengkak dan ngga bisa traveling kemana-mana!

Awas, Jangan Berbagi Penggunaan Benda Ini dengan Orang Lain

02
Earphone rentan menularkan bakteri atau kuman (foto: hitech.vesti.ru)

Kadang begitu dekat hubungan kita dengan teman, hal meminjamkan properti dianggap biasa. Sebenernya ngga semua bisa kita bagi bersama dalam penggunaannya, bukannya pelit, namun hal itu perlu kita lakukan untuk hindari perpindahan virus dan kuman sebab bukan kah kuman itu bisa tersebar tanpa pandang teman akrab atau bukan? Nah, berikut yang sebaiknya tidak boleh you guys bagi bersama.

Earphone

Kita kadang merasa biasa saja mendengarkan musik bersama teman melalui earphone atau kala lupa bawa, seringkali pinjam dari teman untuk mendengakan musik. Tapi tahu ngga bahwa earphone rentan menularkan bakteri atau kuman. Bisa jadi si peminjam punya penyakit infeksi telinga, nah lo!! Jadi sebaiknya hindari berbagi earphone.

Pisau cukur

Biasanya saat traveling dan butuh alat ganteng, kita seenaknya ajah pakai alat cukur teman. Padahal sekali saja pisau cukur yang orang lain pakai dan mengenai pembuluh darahnya, maka jenis penyakit seperti HIV AIDS, hepatitis, dan lainnya bisa menular dengan cepat.

Deodoran

Lagi-lagi bisa terjadi saat traveling atau usai ganti salin setelah berenang, biasanya kita mudah saja berbagi deodoran dengan teman. Sesungguhnya deodoran rentan menyimpan banyak kuman sebab dipakai pada bagian tubuh yang berkeringat. Lagi pula, ketiak dapat menularkan bau badan jika bakteri yang ada di keringat saling berpindah tempat dengan ketiak orang lain. Jadi kalau terpaksa ngga bawa mending tahan untuk tidak pakai sampai ketemu indomaret atau alfameret lah, beli ajah, murah ini.

Sabun batang

Sekalipun satu keluarga sebaiknya gunakan sabun batang untuk masing-masing orang sebab berbagai bakteri pemicu penyakit kulit semisal herpes, panu, atau eksim bisa menular dengan mudah pada sabun batang yang berbagi, bahkan dengan saudara sekalipun lho’

 

Bahaya Pornografi bagi Otak Manusia

Kecanduan pornografi harus segera dihentikan demi jaga fungsi otak

porn-addiction_300_225_90

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang paling penting, tepat di bagian tengah atas otak ada bagian yang paling istimewa yang disebut Pre Frontal Cortex (PFC).

Menurut peneliti otak manusia, Jordan Gravement, bagian PFC ini hanya ada pada otak manusia, bagian ini yang membedakan manusia dengan binatang. Tuhan merancang PFC bagi manusia bukan dengan tanpa alasan, PFC ini lah yang nantinya membuat manusia memiliki etika.

PFC berfungsi seperti pemimpin. PFC-lah yang melakukan fungsi konsentrasi, memahami benar dan salah, mengendalikan diri, menunda kepuasan, berfikir kritis dan merencanakan masa depan. Dengan kata lain semua fungsi pertimbangan dan pengambilan keputusan ada pada PFC. PFC-lah yang membentuk kepribadian dan perilaku sosial.

Sayangnya PFC adalah bagian otak yang paling mudah rusak. Mengingat fungsi yang sangat luar biasa pada PFC, kerusakan pada PFC akan mempengaruhi seluruh kehidupan seseorang. Penyebab kerusakan PFC adalah benturan fisik dan zat narkotika, psikotropika, dan zat additive NAPZA. Dari kedua kerusakan diatas, rupanya ada penyebab kerusakan lain yang paling hebat merusak PFC yaitu pornografi atau narkolema (narkotika lewat mata).

Mungkin terkesan terlalu maksa bahwa narkotika lewat mata ini merusak PFC. Mari kita telusuri bagaimana narkotika lewat mata merusak PFC seseorang. Sebut saja Adi, seorang remaja berusia 12 tahun yang pertama kali melihat gambar di televisi yang menjurus pada pornografi. Awalnya Adi merasa kaget dan jijik. Kondisi Adi jijik dengan gambar porno yang pertama dia lihat ini karena sistem Limbid yang ada dalam otak Adi menjadi aktif. Sistem Limbid mengatur emosi juga keinginan makan minum dan kebutuhan seksual. Sistem ini mengaktifkan zat kimia otak bernama Dopamin. Dopamin memberi rasa senang, penasaran, juga kecanduan. Dopamin juga aktif jika saat seseorang mengkonsumsi NAPZA, oleh karena itu sifat candu pornografi sama dengan sifat candu NAPZA.

Dengan kemampuannya otak akan mengingat hal apa yang membuat Adi senang dan mampu mengingat cara melakukan kesenangan tersebut. Kecanduan ini hanya bisa ditangkal oleh Adi jika Ia memiliki bekal ahlak, etika, dan norma yang sebelumnya Ia dapat.

Berbeda kondisi yang terjadi jika ahlak, etika dan norma yang dimiliki Adi mempu dikalahkan oleh keinginan menikmati pornografi. Ketika Adi sedang merasa bosan terhadap aktivtas yang Ia lakukan, otaknya akan mendorong untuk melihat pornografi lagi. Makin lama Adi bosan dengan gambar pornografi yang itu-itu saja, Adi membutuhkan gambar yang lebih porno lagi untuk memicu keadaan lebih senang.

Kemajuan teknologi informasi yang bergulir kencang, sangat memudahkan Adi untuk menggapai gambar-gambar porno atau bahkan video yang Ia inginkan, mulanya Adi hanya ingin melihat gambar/video yang sedikit terbuka, lama-lama Adi membuka semua video/gambar yang ada di internet. Mulanya Adi hanya melihat satu menit, lama-lama Adi melihat sampai 1 jam. Saat itu Adi sudah mengalami kecanduan pornografi.

Bagaimana pornografi bisa merusak PFC? Secara alamiah Dopamin dialirkan dari sistem Limbid ke PFC, orang yang kecanduan pornografi akan mengalirkan Dopamin secara berlebihan hingga membanjiri PFC, akibatnya PFC tidak aktif karena terendam oleh Dopamin. Semakin sering PFC terganggu, fungsi PFC untuk konsentrasi, memahami benar dan salah, mengenadalikan diri, menunda kepuasan, berfikir kritis dan merencanakan masa depan semakin pudar. Dalam keadaan demikian sistem Limbid berkembang semaki besar dan terus mengaktifkan Dopamin, sehingga akan terus mencari kesenangan tanpa takut lagi akibatnya.

Jika hal ini tidak ditangani dengan segera, Adi berpeluang besar menjadi pelanggan pornografi seumur hidup dan mengalami keruskan otak pada bagian PFC. Awalnya Adi akan kehilangan konsentrasi, kemampuan menimbang benar dan salah, serta berkurangnya kemampuan mengambil keputusan. Kelanjutan dari kecanduan ini Adi akan mencoba untuk melakukan masturbasi, hubungan seks suka sama suka, mudah berganti pasangan, pernikahan dianggap tidak penting, menganggap pasangan hanya sebagai objek seksual, cenderung merendahkan derajat lawan jenis, selera hubungan seksual yang tidak sehat, bersikap kasar sampai tega melakukan pemerkosaan.

Jika sifat ini semua sudah ada dalam diri Adi, dapat dikatakan Adi sudah tidak ada bedanya dengan binatang, inilah akibat yang terjadi akibat kerusakan PFC. Sebelum PFC Adi terendam oleh Dupamin dan rusak parah akibat pengaruh pornografi, Adi berbeda dengan binatang, tapi kini kerusakan yang terjadi menyebabkan PFC Adi tidak berfungsi. Adi sudah sama dengan binatang.

Donald Hilton Jr, seorang dokter ahli bedah otak mengatakan otak yang rusak akibat pornografi jika difoto menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) kerusakan akibat kecanduan pornografi memperlihatkan hasil yang sama dengan kerusakan otak akibat kecelakaan. Donald Hilton Jr. juga mengatakan berbeda dengan dampak NAPZA yang merusak otak pada tiga bagian, pecandu pornografi mengalami kerusakan pada lima bagian otak.

Pornografi pada anak-anak lebih bersifat merusak karena PFC belum berkembang sempurna. Perhatian dan kesabaran keluarga dan orang terdekat dalam mencegah dan mengatasi kecanduan pornografi pada anak sangat diharapakan dalam melindungi generasi kita dari bencana pornografi dan kejahatan seksual.

 

artikel ini gua muat juga di http://www.1health.id

Jaga Mata

Ke Bali jalan-jalan, foto-foto, nangkring di pantai liatin bule? ah itu udah biasa. Yang ngga biasa apa? ke Bali janjian sama dokter mata wawancara khusus untuk sebuah artikel majalah, baru ngga biasa hehehe. pagi dateng sore balik hahahaha. wawancara ini dilakukan di Optik sang dokter, Optik Cendrawasih Jalan Sesetan Raya. Mau tahu oleh-oleh gua ke Bali yang cuma sehari itu? isinya tentang menjaga kesehatan mata wabil khusus untuk yang sudah berusia 40 tahun keatas. ini dia artikelnya.

Berkat kecanggihan alat yang dimiliki Optik Cendrawasih, penanganan operasi katarak telah melampaui optik-optik lain di Bali. Operasi katarak yang dilakukan tanpa alat-alat canggih/manual ukan lukanya lebar, menggunakan jahitan, bius dengan suntik. Namun kecanggihan yang kini dimiliki Optik Cendrawasih itu operasi itu hanya memakan waktu 15 menit, tanpa suntikan bius, dan hanya menyisaka luka yang akan segera sembuh 2 mili. Optik kami sudah mampu melakukan one day care untuk layanan katarak.  Setelah pemasangan lensa tanam dengan kualitas prima, pasca operasi mata cukup ditutup semalam saat tidur dan ketika bangun mata sudah kembali normal.

Glaukoma

Salah satu penyebab kebutaan adalah Glaukoma, glaukoma menyebakan tekanan bola mata yang tinggi. Kasusnya cukup banyak. Terkadang masyarakat kurang waspada dengan kesehatan mata. Jika sudah berumur 40 tahun sebaiknya cek mata ke dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan tekanan bola mata. nah lu, sadar deh kalau sudah mulai zoom in zoom out untuk baca tulisan.

Kebiasaan yang kurang baik pada masyarakat kita adalah pasien datang ke dokter mata dalam keadaan sudah buta, jadi yang dokter mata lakukan adalah mengobati butanya, sesungguhnya akan labih baik sekali jika pasien datang untuk pemeriksaan atau pencegahan sehingga kami bisa mencegah terjadinya kebutaan itu.

Tingginya tekanan bola mata bisa terjadi karena beberapa faktor seperti bertambahnya usia, faktor keturunan, adanya riwayat hipertensi, Migran dan penyakit kencing manis. Masyarakat, terutama yang memasuki usia 40 tahun dengan beberapa penyakit diatas sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan mata untuk menghindari kebutaan total. Optik Cendrawasih selalu terbuka untuk masyarakat yang akan melakukan konsultasi kesehatan mata dan juga ketersediaan beberapa alat penunjang kesehatan mata, mulai alat pengecek glaukoma, katarak, hingga penyediaan kacamata bagi anda.

Dengan jadual praktek yang ada hampir setiap hari dalam seminggu, masyarakat bisa menjumpai dr. Kompyang Rahayu, SpM setiap hari senin, selasa, kamis, pukul 15:00 WITA sampai pukul 18:00 WITA, Dokter cantik ini senang menjelaskan seluruh jawaban pasien dengan lengkap dan detail, selain hai-hari diatas, dia juga praktek setiap Rabu, Kamis, dan  Jumat mulai pukul 18:00 WITA hingga pukul 21:00.

IMG_0348
Edukasi kesehatan mata bagi masyarakat

Bergabung dengan Perdami (Persatuan Dokter Mata Seluruh Indonesia), beberapa aktifitas sharing pengetahuan kesehatan mata dan pengobatan cuma-cuma bagi masyarkat sering kali dilakukan. Kegiatan program penanggulangan program kebutaan dengan menggunakan bus di Bali. Ada juga rumah sakit Indra, bantuan pemerintah yang sudah melakukan banyak aktifitas bagi pencegahan kebutaan. Ada juga NGO asing dan yayasan lokal yang banyak bekerja untuk penanggulangan kebutaan di tanah air.

Katarak

Katarak adalah penyakit karena usia hal ini terjadi karena proses degenerasi pada lensa mata. Semua orang akan katarak, hanya ada yang lebih awal ada yang lebih lama. Diabetes adalah salah satu pemicu lebih cepatnya katarak.

Petani akan lebih awal terkena katarak sebab intesitasnya terkena sinar matahari. Kekurangan beberapa vitamin, sayur, dan buah-buahan juga ditengarai sebagai faktor yang mempercepat katarak.

Satu-satunya pengobatan katarak adalah dengan jalan tindakan, masyarakat sebaiknya tidak mudah percaya dengan pengobatan katarak oleh non medis, sebab hal itu bisa berakibat fatal. Tidak ada katarak yang sembuh tanpa proses operasi, apalagi dengan digosok-gosok. Dikira beli voucher pulsa kali digosok-gosok.

Jika katarak tidak dilakukan tindakan akan menyebabkan kebutaan total, analoginya katarak sama seperti buah di pohon, jika tidak kita petik akan membusuk, begitu juga katarak, harus dikeluarkan.  Jika dibiarkan akan menyebabkan tekanan bola mata yang merupakan penyebab kebutaan total.

  • Ciri-ciri penderita katarak
  • Sering kali Silau
  • Penglihatan Buram
  • Penglihat seperti ada asap dan berkabut

Hal-hal diatas tidak bisa dikoreksi dengan kaca mata jadi harus diangkat terlebih dahulu kataraknya.periksa orang tua

(staf dr. Kompyang Rahayu, SpM sedang melakukan pengukuran tekanan bola mata)

Penggunaan Alat bantu penglihatan

Penglihatan ada jauh dan ada jarak dekat. Jika usia sudah mencapai 40 tahun kita perlu kaca mata baca. Bagi penderita mata minus yang sudah berkaca mata, sebaiknya kaca mata harus dipakai. Sering terjadi kekeliruan di masyarakat kita, kadang kaca mata minus atau silinder dipakai dan dilepas, hal ini sangat tidak disarankan. Kaca mata itu obat, karena mata akan terus belajar menyesuaikan saat menggunakan kaca mata, jika dipakai, lalu dilepas akan mengganggu proses ‘belajar’ mata terhadap lensa yang sudah disesuaikan oleh kaca mata.

Penggunaan softlense.

Saya tidak merekomendasikan apalagi untuk penggunaan sehari-hari. Kebersihannya soft lense harus dijaga, tidak boleh kena debu sementara banyak masyarakat kurang telaten dalam menjaga kebersihan softlense. Kedokteran mata tetap akan merekomendasikan kaca mata sebagai pilihan utama dalam membantu penglihatan, bukan softlense. Sebagai kosmetik, softlense hanya diperbolehkan penggunaanya sesekali saja, misalnya saat ke pesta. Penggunaan secara terus menerus akan mengakibatkan kecelakaan mata.

Perawatan Mata

Membersihkan mata dengan menggunakan cairan boorwater dengan merendam mata sangat tidak disarankan, sebab tubuh kita sudah memiliki cairan mata alami yang selalu dihasilkan untuk melakukan pembersihan mata. Merendam mata dengan boorwarter akan mengganggu pH mata.  Apalagi membersihkan mata dengan air sirih, itu lebih berbahaya lagi, sebab selain kandungan yang ada pada air sirih juga sterilisasi air itu belum bisa dijamin kebersihannya.

Kantung mata

Kantung mata terjadi karena faktor usia. Semakin tambah usia, kantung mata akan menggelambir. Mata itu dilindungi oleh lemak, makin tambah usia, lemak yang melindungi mata itu akan kendur, akhirnya akan menggelambir, hal itu akan dipercepat oleh kebiasaan begadang, terlalu lelah. Mengurangi kelelahan mata bisa dilakukan melaui kompres mata dengan kapas celup air es, eye cream atau timun yang sudah didinginkan di kulkas.

Kasus
dr. Kompyang Rahayu, SpM pernah mempunya pasien dengan tekanan bola mata hingga 40 point. Normal tekanan bola mata dalah 10-20. Saat itu saya berikan obat dan saya sarankan untuk melakukan tindakan, akan tapi pasien tersebut tidak datang. Sebulan kemudian pasien itu datang ke Optik Cendrawasih dalam keadaan buta total. Sebulan tidak datang ke optic ternyata pasien tersebut berobat di tabib.

Mengakhiri wawancara yang disela canda gurau sore ini, dokter yang menyukai sekali Pantai Gilitrawangan ini berpesan agar masyarkat Bali khususnya, jangan segan-segan untuk memeriksakan kesehatan mata sedini mungkin dan Optik Cendrawasih yang mudah dijangkau ini selalu terbuka untuk mengatasi segala keluhan tentang kesehatan mata.

Seru juga ya pulang dari Bali oleh-olehnya nasihat untuk jaga mata.

Sebaiknya Berhati-hati dengan Penyakit Yellow Fever

Image

Inilah penyakit yang pernah mewabah dan membunuh secara masal tentara Amerika di Cuba pada tahun 1900. Kejadian ini bukan satu-satunya yang pernah terjadi di belahan bumi ini. Pada tahun 1648, di Yucatán, Mexico virus ini pernah mewabah dan menjadi momok dunia ketika itu. Pasca kasus yang menimpa tentara Amerika di Cuba tahun 1900 itu pun berlanjut di New Orleans dan kota-kota pelabuhan Amerika Selatan, sekurang-kurangnya terjadi 5.000 kasus yang menyebabkan banyak kematian. “

Namanya tentu tidak semanis apa yang diakibatkannya. Penyakit sistemik akut yang disebabkan oleh virus yang disebut Flavivirus (dulu kelompok arbovirus B). Virus ini merupakan anggota dari famili Togaviridae, yang merupakan virus RNA berutas tunggal dalam bentuk ikosahedral dan terbungkus di dalam sampul lemak. Virion berdiameter 20 nm sampai 60 nm, berkembangbiak di dalam sitoplasma sel dan menjadi dewasa dengan membentuk kuncup dari membran sitoplasma. Pada kasus-kasus yang parah, infeksi virus menyebabkan demam yang tinggi, perdarahan kedalam kulit, dan necrosis (kematian) dari sel-sel dalam ginjal dan hati. Kerusakan yang dilakukan pada hati dari virus berakibat pada jaundice yang parah yang menguningkan kulit.

Infeksi yang disebabkan oleh Flavivirus sangat khas, yaitu mempunyai tingkat keparahan sindrom klinis yang beragam. Mulai dari infeksi yang tidak nampak jelas, demam ringan, sampai dengan serangan yang mendadak, parah, dan mematikan. Jadi pada manusia penyakit ini berkisar dari reaksi demam yang hampir tidak terlihat sampai keadaan yang parah. Masa inkubasi demam kuning biasanya berkisar 3 sampai 6 hari, tapi dapat juga lebih lama.

Penyakit yang berkembang sempurna terdiri dari tiga periode klinis yaitu infeksi (viremia, pusing, sakit punggung, sakit otot, demam, mual, dan muntah), remisi (gejala infeksi surut), dan intoksikasi (suhu mulai naik lagi, pendarahan di usus yang ditandai dengan muntahan berwarna hitam, albuminuria, dan penyakit kuning akibat dari kerusakan hati). Pada hari kedelapan, orang yang terinfeksi virus ini akan meninggal atau sebaliknya akan mulai sembuh. Laju kematiannya kira-kira 5 persen dari keseluruhan kasus. Sembuh dari penyakit ini memberikan kekebalan seumur hidup.

Manusia dan monyet adalah yang paling utama terjangkiti demam kuning. Virus ini dibawa dari satu hewan ke hewan yang lain (penularan horizontal) melalui gigitan nyamuk (vektor). Nyamuk ini dapat juga menyebarkan virus melalui telur (penularan vertikal). Telur-telur ini tahan kekeringan dan mengalami masa laten saat keadaan kering. Telur-telur ini akan menetas saat musim hujan.

Beberapa spesies nyamuk Aedes dan Haemogogus adalah pembawa virus demam kuning. Nyamuk-nyamuk ini ada yang berjenis domestik (berkembang biak di sekitar pemukiman), liar (berkembang biak di hutan), atau semi domestik (campuran). Tempat-tempat yang merupakan habitat nyamuk-nyamuk tersebut sangat potensial terkena demam kuning. Ada tiga jenis siklus penularan demam kuning pada manusia, yaitusylvatic, intermediate, dan urban. Semua siklus tersebut terdapat di Afrika, sementara di Amerika Selatan hanya terdapat siklus sylvaticdan urban.

• Siklus sylvatic di hutan hujan, demam kuning muncul dari monyet yang terjangkiti lewat nyamuk liar. Sementara itu, ada nyamuk liar lain yang menggigit monyet itu sehingga nyamuk tersebut tertular virus. Lalu nyamuk tadi menggigit manusia yang masuk ke hutan. Sebagian besar siklus sylvatic menyerang para pekerja hutan, seperti para penebang pohon.

• Siklus intermediate Di padang sabana Afrika, epidemik dalam skala kecil muncul. Banyak desa yang areanya terpisah terjangkiti virus secara bersamaan, tetapi hanya sedikit orang yang meninggal. Nyamuk semi domestik menyerang baik habitat monyet atau manusia. Area ini disebut zone of emergence, di mana terjadi peningkatan interaksi antara manusia dan nyamuk yang berujung pada penyakit. Siklus ini adalah yang paling sering muncul selama beberapa dekade terakhir di Afrika.

• Siklus urban Epidemik berskala besar dapat muncul ketika para pendatang membawa virus ini ke area padat penduduk. Nyamuk domestik membawa virus dari satu orang ke orang yang lain. Dalam siklus ini monyet tidak terlibat sama sekali. Siklus ini menyebar hingga mencakup area yang sangat luas.
Virus demam kuning tersebar di negara-negara Afrika dan Amerika Selatan. Namun, pernah juga ditemukan di Eropa, Kepulauan Karibia, Amerika Utara, dan Amerika Tengah. Walaupun pada saat ini virus demam kuning tidak muncul lagi di wilayah tersebut, para penduduknya harus tetap waspada mengingat wilayah mereka beresiko menjadi epidemik demam kuning. Terdapat 33 negara di Afrika dengan jumlah populasi mencapai 508 juta jiwa beresiko terkena demam kuning.

Negara-negara ini berada pada 15 derajat Lintang Utara sampai 10 derajat Lintang Selatan pada garis ekuator. Di benua Amerika, endemik demam kuning terdapat di sembilan negara Amerika Selatan dan di beberapa pulau di Kepulauan Karibia. Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, dan Peru tercatat sebagai negara yang memiliki resiko terbesar demam kuning.

Walaupun benua Asia tidak pernah tercatat memiliki sejarah demam kuning, wilayah ini tetap harus waspada karena di wilayah Asia terdapat beberapa spesies monyet dan nyamuk yang memungkinkan penyebaran demam kuning.
Hingga saat ini belum ada pengobatan yang spesifik untuk demam kuning. Demam dan dehidrasi dapat diobati dengan obat tertentu seperti paracetamol. Penderita juga harus diberi antibiotik.

Vaksinasi adalah yang paling penting dalam pencegahan demam kuning. Dalam populasi dimana tingkat pelaksanaan vaksinasinya rendah, pengawasan secara ketat adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk pendeteksian persebaran penyakit secara akurat dan cepat. Kontrol nyamuk dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus sampai vaksinasi terlihat efeknya

Vaksin demam kuning sangat efektif dan aman. Efek imunitas muncul dalam seminggu pada 95% orang yang divaksin. Satu dosis vaksin dapat memberikan perlindungan untuk sepuluh tahun, bahkan seumur hidup. Lebih dari 300 juta jiwa telah divaksin dan tidak ditemukan efek samping, meski pernah diberitakan bahwa vaksin demam kuning menimbulkan kematian pada beberapa warga di Brazil. Sampai sekarang masih dilakukan penelitian tentang kematian itu. Meskipun begitu, kemungkinan kematian akibat demam kuning lebih besar dari pada kemungkinan kematian akibat vaksin demam kuning, sehingga siapapun yang berpotensi terkena demam kuning harus diimunisasi. Tetapi, jika seseorang memiliki potensi yang kecil untuk terkena demam kuning, misalnya dia tidak pernah mengunjungi area endemik, maka dia tidak perlu diberi vaksin.

WHO menganjurkan untuk dilaksanakan vaksinasi secara rutin sejak dini. Vaksin demam kuning dapat diberikan saat umur 9 bulan, sama seperti waktu pemberian vaksin campak. Untuk mencegah suatu negara menjadi endemik demam kuning, sedikitnya 80% dari populasi harus memiliki imunitas untuk demam kuning. Ini hanya dapat diwujudkan dengan jalannya program imunisasi sejak dini maupun imunisasi pada orang dewasa di daerah endemik. Imunisasi yang terakhir inilah yang dapat memastikan bahwa pencegahan demam kuning sudah mencakup seluruh warga yang rentan terkena demam kuning dan mencegah persebaran penyakit. Sampai saat ini hanya beberapa negara Afrika yang dapat menjalankannya.

Vaksinasi juga diajurkan bagi pelancong di tempat-tempat beresiko tinggi terkena demam kuning. Beberapa negara telah mengharuskan adanya sertifikat vaksinasi, terutama bagi pelancong yang datang ke Asia dari Afrika atau Amerika Selatan. Departemen Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktoral Jenderal Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pernah mengeluarkan Rekomendasi Vaksinasi Yellow Fever bagi orang yang Berkunjung ke Brazil melalui surat bernomor PM.01.04/D/II.4/253/2008 tertanggal 13 Maret 2008. Rekomendasi ini dikeluarkan setelah Kementrian Kesehatan RI menerima surat resmi dari Kedutaan RI di Brazil yang menyebutkan bahwa telah tercatat 24 kasus Yellow Fever dengan korban 3 orang. Pemberian vaksinasi Yellow Fever dianjurkan bagi semua penduduk dan bagi orang yang akan berkunjung ke Brazil. Karena program vaksinasi di beberapa negara masih belum optimal, deteksi dini pada kasus demam kuning dan penindakan secara cepat dan tepat menjadi sangat penting untuk mengontrol penyebaran penyakit. Sistem pengawasan ini harus cukup sensitif untuk mendeteksi dan menginvestigasi para suspect (orang yang diduga) demam kuning. Kontrol ini bekerja berdasarkan standar definisisuspect demam kuning, yaitu “demam akut yang diikuti penyakit kuning dalam masa dua minggu muculnya gejala demam kuning atau dengan adanya pendarahan atau kematian dalam masa tiga minggu setelah munculnya gejala demam kuning”. Selanjutnya kasus suspectini akan diteruskan pada pihak yang berwenang di bidang kesehatan.

Image

Lalu apa yang bisa dilakukan? Yang patut diperhatikan tentu jika Anda berniat melakukan perjalanan ke negara-negara yang disebut diatas, apalagi lebih dari enam bulan, sebaiknya Anda sudah divaksinasi minimal 10 (sepuluh) hari sebelum melakukan perjalanan namun bagi Anda yang tidak berniat melakukan bepergian ke negara-negara itu namun tetap ingin melakukan sesuatu agar tidak berdampak pada demam ini, melenyapkan tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk sangatlah penting dan efektif untuk menghambat pergerakan nyamuk yang menyebarkan penyakit ini.

Mari berlindung kepada Tuhan agar dijauhkan dari demam ini.